Lilypie 5th Birthday PicLilypie 5th Birthday Ticker

Thursday, April 24, 2008

Allah n Arabic Letters

"Mah...Allah itu ada dimana sih??"....

Pertanyaan yang mungkin jamak keluar dari mulut-mulut kecil anak-anak karena keingintauan mereka tentang Tuhan, dan ini merupakan pertanyaan pertama tentang Tuhan yang keluar dari mulut audy. Kaget, haru, bangga...campur bingung bagaimana cara ngejawabnya. Jawaban apa yang kira-kira mengena logikanya, sehingga tidak menimbulkan kebingungan dan kesalahan interpretasi atas pengertian sebenarnya...

Mama : "Allah itu ada dimana-mana...bisa lihat semuanya...bisa lihat mama...lihat audy...lihat yangti...yangkung...ugok...gede...pokoknya bisa liat semuanya..jadi kalo audy nakal, biar mama nggak bisa lihat...tapi Allah bisa lihat.." (maksudnya sih sekalian menasihati, soalnya si audy dah mulai pinter ngibulin...:D)
Audy : "ma, Allah punya temen nggak??"
Mama : "Allah mau berteman sama yang baik-baik..kalo Audy baik, Allah pasti mau deket dan sayang sama Audy...tapi kalo Audy nakal, Allah nggak mau deket sama Audy..
Audy : "ma, temennya Allah ada yang kawin nggak???" (maksud dia mungkin mau tanya, ada temennya Allah yang orang tua kayak kita-kita apa nggak..:DD)
Mama : "ya..sama juga..kalo mama baik dan mau ngelakuin apa yg Allah suruh...pasti Allah deket dan sayang sama mama.."
sampai sejauh ini alhamdulillah bisa terjawab dan rasa-rasanya Audy bisa menerima penjelasan-penjelasan tersebut.

Suatu hari mungkin dia berfikir lagi, kenapa kalo mau makan atau melakukan hal lainnya aku suruh dulu dia berdoa. Akhirnya muncul lagi pertanyaan-pertanyaan yang makin bikin aku berpikir 2x lebih keras.
Audy : "ma, Allah itu shape-nya kayak apa sih?"
Karena takut salah kasih penjelasan akhirnya aku panggil kadeni (biar ada temennya...:DD), soalnya biasanya audy suka melontarkan pertanyaan-pertanyaan yang sebenernya aku sendiri nggak yakin akan jawabannya...(ketauan deh kartunya..hehehe). Akhirnya si papa yang menjawab.
Papa : "audy bisa rasain ini nggak? (sambil tiup mukanya audy). Ini namanya angin. Audy bisa rasain angin?"
Audy : "iya.."
Papa : "rasanya apa?"
Audy : "dingin"
Papa (sambil tiup muka audy lagi) : "audy bisa liat atau pegang nggak anginnya?"
Audy (sambil berusaha nangkep angin, lucu banget liat tingkahnya..:)): "nggak.."
Papa : " sama kayak Allah...kita bisa rasain tapi kita nggak bisa liat atau pegang..."
habis dijawab sama papa, audy manyun..bengong...terus nggak lama kemudian dia komplain, karena menurut dia penjelasannya nggak masuk kelogikanya kali ya...
Audy : "papa....shape itu tuh...kayak triangle, square, rectangle, diamond...gitu...jadi shape-nya apa??? Allah kayak apa???"
gubrak deh tuh anak...biar aku coba jelasin juga, dia nggak mau tau..karena menurut dia shape itu harus ada bentuknya....alhasil kita musti 'pending' dan cari lagi jawaban yang bakalan dia bisa terima..ada saran???


Arabic Letters
Belakangan ini aku sedang memperkenalkan huruf-huruf Arab ke Audy. Mulai dari ’alif (ا) sampai dengan yā’ (ي). Pertama-tama setiap aku menuliskan huruf-hurufnya, dia pasti ketawa-ketiwi sambil kasih komentar-komentar yang aneh-aneh. Setiap kali diminta ulang tulis atau pengucapannya, pasti ada aja yang dikomentari. Seperti huruf kāf (ك) misalnya, dia bilang begini "mama, kāf ini kan kayak yang bunyinya uhuk..uhuk...ya...iya kan ma...?!" nah loh, dia pikir huruf kāf disini sama maksudnya dengan kata "cough" (batuk,-red)...:D

3 comments:

Anonymous said...

renis ini yg waktu diceritain di tempat pak steve ya... udah ketemu jawabannya belum biar gw arsip ntar untuk dipake ke nadia kalo dia dah gede dan mulai belajar tentang Tuhan :-D

eh audy main lagi sama nadia yuk nadia nanyain terus

-eva-

Anonymous said...

Belum ketemu nih sampe sekarang jawabannya..lagian anaknya juga blm nanyain lagi....(berharap audy dah lupa hehehehe)

mau banget...audy juga nanyain nadya terus tuh..hayuk atuh kita ke taman lagi...:D

Anonymous said...
This comment has been removed by a blog administrator.