Lilypie 5th Birthday PicLilypie 5th Birthday Ticker

Sunday, April 6, 2008

SIM

Akhirnya datang juga panggilan dari EDI (Emirates Driving Institute) untuk memulai kelas dalam rangka mendapatkan SIM UAE setelah menunggu kurang lebih 4 bulan lamanya...kebayang nggak sih?? buat ambil SIM aja susahnya bukan main..

Jadi inget waktu di Jakarta dulu. Terus terang aja, SIMku tuh hasil "nembak"...sssstttt, jangan bilang-bilang ya...
Aku dah mulai bawa mobil sejak SMP. Yah namanya juga anak baru gede..lagi mulai bandel-bandelnya..:p, selalu pengen nyoba hal-hal baru, apa yang dilarang makin getol dilanggar (duh jadi musti extra siap nih menghadapi audy nanti..)
Pertama bawa mobil Kijang Rover kepunyaan almarhum papaku. Dari mulai tuh mobil mulus lus lus..sampe akhirnya bopeng-bopeng, gara-gara perbuatanku..hehehe..
Untung aja papa tuh orangnya sabaaaarrrr banget. Inget banget beliau bilang, "ya sudah terjadi mau apa lagi...yang penting kamu mau bertanggung jawab dengan bilang sama papa"...(hiks, jadi sedih inget sama almarhum).
Terus selama 5-6 tahun aku nekat bawa mobil nggak pake SIM...hebat nggak tuh??! (hebat apa nekat...:DD), sampai akhirnya papas (papa tiriku) menurunkan titahnya untuk buat SIM. Nah ini dia enaknya bikin SIM di Indonesia. Selain harganya murah, prosesnya pun terbilang sangat mudah..tinggal pilih, mo ngurus sendiri atau duduk manis plus menyewa tenaga orang lain untuk mengerjakannya (berasa banget di Indonesia kalo uang memang berkuasa..ups, nggak maksud menjelekkan tanah air nih..habis emang kenyataannya memang begitu..:p). Biaya yang dihabiskan nggak bakalan lebih dari 1 jt rupiah kalaupun menggunakan tenaga orang lain dan SIM bisa didapat hanya dalam 1 hari kerja...wuih pokoknya praktis banget...

Balik lagi ke SIM UAE (Dubai). Menurut aku SIM merupakan hal yang eksklusif disini. Bayangkan saja, kita harus masuk kesalah satu "driving Institute" yang ada (untuk informasi selengkapnya bisa buka di dubai.ae) dan harganya gila banget. Sekali buka kelas dengan jumlah standard 40 kelas plus sekali lulus "road test" (tes akhir untuk menentukan seseorang layak mengemudikan mobil atau tidak, dan dites langsung oleh RTA (Road & Transport Authority)) bisa menghabiskan kurang lebih Dhs3000 (Dhs 1 = Rp 2400). Itu belum kalau kita nggak lolos "road test"..musti ngulang sampe lulus, so pasti nambah lagi biayanya sampai nggak terhingga.
Kebetulan aku hanya mendapatkan 20 kelas karena telah memiliki SIM dari Indonesia (lumayan bisa menghemat waktu dan biaya). Mendaftar di Emirates Driving Institute (EDI) Pada bulan Desember dan baru dapat kelas bulan April ini (4 bulan "waiting list"), capek nggak tuh...:D. Tapi demi dapet SIM, aku lakonin juga. Informasi mengenai kelas dan harga bisa dilihat di website ini.

Terhitung sudah 2 kali pertemuan dengan total 6 kelas aku jalani selama satu minggu ini. Duh berasa banget, ternyata menyetir mobil tuh susah bila kita mengikuti semua peraturan yang ada. Jadi kayak baru megang kemudi, semuanya serba canggung. Perasaan sih dah ngikutin semua petunjuk, tapi tetep aja salah terus. Aku dapet intruktur orang filipina, namanya "Sisilia". Nggak begitu galak, tapi tetep aku musti siap buat dibentak-bentak. Kalau dipikir-pikir, sekolah nyetir disini lebih mirip sekolah militer. Yang digempur malah mental kita, salah sedikit dibentak-bentak. Hari pertama ambil kelas, aku sampai gemeteran gara-gara dibentak-bentak. Dah berasa lagi "wamil" (wajib militer) nih eyke...:DD
Anyway, mudah-mudahan bisa terus semangat sampai akhir..plus nggak usah ngulang road test, jadi nggak perlu nambah duit dan waktu...(lagaknya kayak orang sibuk aja, padahal dirumah juga nggak ngapa-ngapain..hehehehe).

No comments: